WELCOME TO MY PARADISE, ENJOY MY BLOG

Rabu, 27 Juli 2016

PENGALAMAN DERMAROLLER SENDIRI

Yang pernah menderita jerawat, bopeng dan pernah perawatan di klinik kecantikan pasti tau apa itu dermaroller. Yang mukanya mulus-mulus aja, mending kagak usah baca postingan ini *dikeplak mouse*.

Jadi, dermaroller adalah sebuah tritmen untuk menghilangkan bekas luka sehingga mendapatkan kulit yang lebih kece. Contoh bekas luka dari jerawat yang sudah membopeng, bekas koreng, stretch mark, dll.

Tritmen ini menggunakan sebuah alat roller yang terdapat jarum-jarum kecil atau dikenal dengan istilah micro needle. jarumnya hanya sepanjang 0.2-2mm. Panjang jarum yang digunakan disesuaikan dengan scar masing-masing. Semakin dalam scar, maka biasanya semakin panjang jarum yang digunakan. Nanti muka kita digiles pake itu alat dengan tujuan membentuk luka kecil, dengan terbentuknya luka tersebut, maka akan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen dan jaringan kulit yang baru.

Dulu, sebelum menikah muka gw terutama kedua pipi, penuh dengan jerawat akibat menahan nafsu. Nah, karena mungkin kurang info dan seradakan, gw ngasal aja main ambil perawatan wajah facial. Jerawat yang sedang meradang saat itu juga dipencet dengan semena-mena sama mbak-mbak di klinik. Jadilah bekas jerawat gw selain memerah juga membopeng. Terkutuklah kalian mbak-mbak tukang facial!!!

Salah perawatan berakibat kedua pipi gw penuh dengan bopeng. Emang sih kecil-kecil gitu dan gak terlalu dalam juga. Tapi tetap aja itu bopeng nyata ada dan gw kesel aja gitu liatnya tiap kali ngaca.

Setelah konsultasi ke dokter kulit di sebuah klinik kecantikan deket kostan gw, gw disarankan untuk ambil tritmen dermaroller, dengan harga 1 kali paket 2,5 juta. Mendengar harganya yang pakai "juta" gw langsung pamit. Gile apa yak 2,5 juta. Mending gw beli ac buat kamar di rumah biar adem. *ditujes suntikan*. Adapun tritemen lain yang ditawarkan oleh dokter tsb selain dermaroller adalah laser CO2 (tolong cari sendiri ya apa itu laser CO2, gw males). Laser ini sekali tritmen bayar 1 juta. Tetep aja yeh, ada "juta" nya. Yang terakhir yang ditawarkan adalah microdermabrasi harganya cuma 300rebuan (cuma dari hongkong! tetep aja bagi gw yang pelit irit ini terbilang mehong).

Gw tanya lagi ke temen-temen (sebenernya ini sesat), mereka menyarankan untuk microdermabrasi, tapi katanya gak bisa ilang kalau cuma sekali perawatan doang. Lah tongpes dong gw kalau berkali-kali mah. Kemudian gw sercing di google cari microdermabrasi yang murah dimana. Ketemu di daerah mangga besar. Seinget gw 1 kali tritmen 150ribu doang. Lumayanlah. Gw pun mencoba perawatan disitu, dengan maksud mau ilangin bopeng di pipi gw. Sampai sana ternyata gw juga disarankan untuk ambil tritmen dermaroller. Harganya kurang lebih sama dengan di klinik kecantikan dekat kost. Tetep ujungnya ada "juta" nya. Ogah gw. Setelah menjalani perawatan microdermabrasi, gw merasa muka gw bersihan di bagian hidung, karena komedo pada ngungsi entah kemana. tapi tetep aja tidak ada perubahan signifikan pada pipi gw. Bopeng tetap bertahta diatasnya. Gw cuma 2 kali ambil perawatan microdermabrasi, karena selain kayak gak ada progress bagus buat bopeng gw, kalau diitung-itung mahal juga, setiap perawatan ngeluarin duta pertiwi segitu.

Karena desperate, gw berhenti tuh perawatan-perawatan gak jelas. gw pake aja madu, lidah buaya sama masker jelly gamat. Mureeehhh.. muahaha... Tapi karena gw orangnya gak telaten & gak sabaran, ya udah sebentaran doang tuh pake bahan-bahan alami tersebut.

Gw kembali sercing di google tentang perawatan dermaroller. Karena sepertinya tritmen ini yang paling oke buat ilangin bopeng di pipi gw. Tapi sorituse ye, gw kagak mau yang mahal-mahal. HIDUP IRIT!!!! Di internet gw menemukan beberapa postingan yang sudah pernah melakukan tritmen tersebut sendiri di rumah. Wowww.... This is it!! Jadi mereka hanya beli alat dan bahannya and do it yourself. Gw coba cari yang jual alat roller, ternyata di tokopedia ada tuh yang mureeehhhh. Dermaroller generasi kedua dengan 540jarum, harganya cuma 75rebu doang. Nah! Kenapa kagak dari duluuuuu gw nemu begini yak. Belakangnya cuma "rebu" kagak pake "juta".

Jadi begini perinciannya alat dan bahan yang gw beli untuk dermaroller sendiri,

1. Alat rollernya Rp.75.000,- (ini gw beli di salah 1 olshop tokopedia
2. Krim bius (anestesi) merk emla 5%, 5gr harga Rp.66.500,- (gw beli di apotek roxy gang kancil)
3. Serum Vit. C merk Probio-C isi 10ml, harga 55rebuan (beli di apotek roxy gang kancil)
4. Alkohol 70% gw lupa harganya berapa tapi murah sih 10rebuan kali ya (di apotek roxy gang kancil juga)
5. Masker







Jadi kalau ditotal paling cuma 200rebuan. Dan itu alat bisa gw pake ampe bulukan. Kalau di klinik kecantikan, 2,5 juta cuma 5 kali tritmen doang.

Setelah alat dan bahan terkumpul, gw mengumpulkan tekad dan keberanian yang mulai luntur gara-gara liat jarum-jarum di alat rollernya (oh iya, gw phobia jarum, apalagi jarum suntik. Kalau mau disuntik kadang mesti dihipnotis dulu sama dokter atau gw harus dengerin musik kenceng pake headset).

Malam tadi, habis sholat isya gw memulai perawatan dermaroller sendiri di kamar kost.

Yang gw lakukan pertama adalah, gw siapin semua alat dan bahannya. Kemudian gw cuci muka pake facial foam, bilasnya pake aer mineral donggg biar gaya. Lalu gw keringkan wajah pake tissue, kemudian diolesin krim bius. Gw oles di kedua bagian pipi dan sedikit di pelipis kanan, karena ada bekas jerawat yang menghitam. Olesnya yang tebel ya pemirsahhh kayak pake masker aja. 



Ditutup pake plastik wrap. Karena gak ada, jadi gw pake sticker apaan tauk yang ada di dalam kemasan krim bius tsb. 



Didiamkan sekitar 30 menit (sampai baal). Gw tinggal makan aja selama 30 menit itu. Selesai makan, 30 menitnya masih kurang dikit, jadi gw steril alat rollernya dulu pakai air mineral kemudian di rendam pakai alkohol dan dikeringkan pakai tissue.

Masuk ke langkah berikutnya adalah, bersihkan krim bius dengan tissue kering, muka gw udah baal tuh. Berasa tebel terus gak berasa apa-apa saat gw coba tujes tujes pake jari. Lalu mulai digiles pake alat roller 10-15 kali secara vertikal, horizontal dan diagonal. Giles permukaan kulit dengan memberikan sedikit tekanan. Di beberapa postingan yang gw baca, pada proses ini, ada beberapa yang merasakan agak sakit. Ini gw semalem ngegiles udah pake tenaga dalam, kagak berasa apa-apa tuh. Gw pikir saat digiles itu kulit wajah gw bakalan berdarah-darah kayak orang-orang. Ini gw kagak ada darahnya yang keluar saat digiles. Karena gak keluar darah dan gak berasa apa-apa, gw tambahin lagi tuh gilesannya (doyan, Wid?) dengan harapan akan ada darah yang keluar (geblek). Setelah penggilesan pertama, kemudian oleskan serum vit c nya, lalu giles kembali tapi tanpa memberikan tekanan. Prosesnya sama seperti pertama 10-15 kali giles, dengan vertikal, horizontal dan diagonal. Nah pas penggilesan kedua setelah diberi serum, ini baru agak berasa cekit-cekit.

Dilanjutkan ke bagian kulit yang lain. Just info, krim bius dilap pas mau digiles aja. Karena katanya krim biusnya bertahan hanya kurang lebih 15menitan aja. Lap wajah dengan air hangat (pake kapas). Nah ini udah mulai berasa nih, gak cuma cekit-cekit, tapi udah mulai cekot-cekot. Cenut-cenut, kayak kedutan, tapi di pipi dan mulai agak perih. Terakhir wajah dimasker (kalau bisa masker kolagen). Pas ditempelin masker, wajah rasanya dinginnnnnnn enak, tapi masih cekot-cekot. 


yang kiri figuran. tokoh utama dalam postingan ini tetap gw.


Maskeran 20menitan aja. Setelah itu dicopot, didiemin dulu 15menitan, cuci muka pake air bersih (aqua galon) hihihih... lalu sebelum tidur gw poles muka gw lagi pake serum + krim malam. 

after tritmen. merah-merah

+- tritmen dermaroller

+
1. gampang dilakukan di rumah sebenarnya
2. murah kalau kita lakukan sendiri di rumah
3. berasa muka jadi kencang dan bersih pasca perawatan

-
1. ternyata sakit (perih and cekit-cekit) tapi masih oke sih, lebih sakit kontraksi pas mau nglairin
2. muka merah-merah setelah tritmen (kayak habis difacial), tapi katanya bakal ilang sendiri 2-3 hari

Udah gitu doang dulu. Karena masih belum tau hasilnya akan seperti apa. Tunggu di postingan selanjutnya untuk tau hasilnya. 

tuh keesokan paginya masih merah-merah


Btw siapkan masker yaaa bagi yang bekerja. Karena gw hari ini bekerja pake masker nih udah kayak orang flu. Soalnya pipi gw kayak habis ditabokin. Merah-merah. Btw jangan pakai make-up dulu gaes 3harian ini.

78 komentar:

  1. Balasan
    1. sekarang belum terlalu kelihatan banget jenk, baru 2 kali tritmen. hehehe.. nanti kalau sudah ada perubahan nyata (biasa kalau di klinik kan 5 kalian ya), baru nanti saya update lagi yaaa foto2nya.

      Hapus
  2. sekarang udah kliatan hasilnya blm?

    BalasHapus
  3. terus hasilnya begimana kak? apa bekerja?

    BalasHapus
  4. Udh ada hasilnya? Saya jg pengen bgt coba sendiri. Krn rasanya ga rela keluarin jutaan gt di klinik kecantikan. Mending buat beli tiket pesawat. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mending dicoba aja. Biar sy ada tmnnya hohohohow... Di klinik mahal bgt soalnya. Sy bukannya pelit, tp kismin. Hihi

      Hapus
  5. Ka mana postingan foto terupdatenya? Mw liat donk ka gmn hasilnya, aku jg pengen cepet² coba nih 😁

    BalasHapus
  6. Ka mana postingan foto terupdatenya? Mw liat donk ka gmn hasilnya, aku jg pengen cepet² coba nih 😁

    BalasHapus
  7. Nyimakkk.... cwok juga ingin prawatan πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh harus dong bro... Biar kinclong jg mukanya

      Hapus
  8. Gimana hasilnya?Kok belum ada tanggapan dan kelanjutannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuti melahirkan ceritanya kmrn hehehehe

      Hapus
  9. Kak fungsi alkohol nya apa. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi alkohol untuk sterilisasi dermaroller nya

      Hapus
    2. Iya bnr tuh. Buat steril alatnya

      Hapus
  10. Pada nungguin hasilnya sampe maret 2017 ini,, tp gk di update update,, jangan jangan krn usah berhasil dia lupa update, terus sekarang jadi artisw ... πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artis bopengan. Ahahahaha... Sibuk urus anak2 broooo

      Hapus
  11. Kak gimana sudah ada hasilnya kah ? Aku mau coba tapi masih aga ragu

    BalasHapus
  12. Kak gimana sudah ada hasilnya kah ? Aku mau coba tapi masih aga ragu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn ragu. Sy aja yg phobia jarum berani melakukannya. Hasilnya serahkan saja sama Tuhan. Kita sbgai manusia wajib berusaha dan berdoa. (Efek bulan Ramadhan)

      Hapus
  13. Gimana hasil nya sekarang sis? Jd tertarik buat nyoba sendiri

    BalasHapus
  14. Gimana hasil nya sekarang sis? Jd tertarik buat nyoba sendiri

    BalasHapus
  15. Gw ngakak ga berenti2 baca postingan ini. Kwzkwzkw.
    Pati dia udah keburu males lanjutin roller nya.

    BalasHapus
  16. Gw ngakak ga berenti2 baca postingan ini. Kwzkwzkw.
    Pati dia udah keburu males lanjutin roller nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang. Anak sy yg gede usil minta ampun yg ada alatnya digiles2in ke lantai ntar

      Hapus
    2. Iya kang. Anak sy yg gede usil minta ampun yg ada alatnya digiles2in ke lantai ntar

      Hapus
  17. mau shring aja udah 2x dermaplunch di klinik lubang yang kecil" dan dalem ada perubahanya lumayan udah naik. tapi......... yang lubang besar tapi gak dalem gg ad prbahan samsek. trus ini beli alat dermaroler sendiri. dermaroller sendiri udah 1x mayan ad prubahan ......

    BalasHapus
  18. Baca postingan ini ternyata murah juga alat ama bahan2 nya.... tapi saya ambil Treatment di klinik
    6x 2.8jt belom ama obat2 nya......
    Baru 2x treat udh keliatan hasil nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sis, saya baru lakukan dermaroller di klinik.. Mmg mahal si.. Ni da hari ke 4. Proses hilangnya bekas brp lama ya.. Da dikasi cream dokter si.. Dr toner, cream pagi plus sunblock dan mlm harinya ada cream malam dan obat jerawat.. Pengen tau brp lama mulai lepas kulitnya? Makasih..

      Hapus
  19. Aku awalnya nyoba treatment ini di klinik tapi kapok karena bahkan saat treatment ke-4 pun klinik tersebut gak ngerti-ngerti kebutuhan kulitku yang memang membutuhkan anestesi oles lebih banyak dan aku mutusin untuk perawatan sendiri dan hasilnya memang luar biasa guys, dermaroller ini kalau telaten bisa ilang permanent keknya aku udah treatment yang ke 6(4 x klinik dan 2x sendiri) dan hasilnya bopeng udah 60-70% ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak, mau tanya, pas dermaroller sendiri dirumah pakai serum apa ya?

      Hapus
  20. Common update hasil akhirnya... 😜

    BalasHapus
  21. Ini pakai ukuran jarum ny yg brp?

    BalasHapus
  22. Ini pakai ukuran jarum ny yg brp?

    BalasHapus
  23. Astaganagaaa.... Sori ya kawan2... Sy baru baca komen2 kalian. Habis lairan anak kedua and urus baby jd gak pernah lg apdet di blog... Sy baru 2 kali perawatan dlu itu and bopeng kecil2 udh lumayan tersamar. Nah ini krna udh lumayan bs atur waktu, sy mau terusin lagi tritmennya. Utk referensi kalian yg mau beli alatnya silakan beli aja di tokopedia, nama tokonya food stall. Sy prnh jualan tp udh gak smpt lg skrg. Krna hrg brg di t4 sy kulakan mahal. Nantikan postingan berikutnya ttg tritmen dermaroller ya gaes..

    BalasHapus
  24. sis abis derma roller boleh sabunan gak hari keduanya.. soalnya gak sabunan muka kayana tu berminyak banget sis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh sabunan sis.. wajah jangan kena sabun selama 3-4 hari.. karena kulit masih regenerasi selama 3 hari.

      Hapus
    2. tapi berminyak banget mas. klo gak sabunan lengket banget rasanya eheheh

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Bingung ane googling harga derma bya doang 300 rebuan . Tapi ini kok murah ya .pengen nyoba soal nya ini bekas jerawat kalo di luar rumah muka gw merah2 :'(

    BalasHapus
  27. Mau nanya saya udah coba dermaroller sendiri tapi ini hari ke 2 abis derma itu muka saya masi merah dan lapisan kulitny keras seperti luka yg kering cenderung membentuk flek hitam gimana itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gitu gan reaksinya.. tunggu ampe kulit mengelupas sendiri

      Hapus
  28. Kalo ada yg ga tau dermaroller bisa beli di saya. Rp.64,000 blm sama ongkir dari Jakarta. WA 083838610269.line: adiltigo ig: adiltigoa email: tigoadil@yahoo.co.id

    BalasHapus
  29. Saya search di shopee harga alat dermaroller itu macem", dari 75 ribuan sampe 300 an. Kira kira beda nya apa ya? Mohon pencerahannya teman teman

    BalasHapus
  30. Saya search di shopee harga alat dermaroller itu macem", dari 75 ribuan sampe 300 an. Kira kira beda nya apa ya? Mohon pencerahannya teman teman

    BalasHapus
  31. Beli alatnya ditoko apa kak nama tokonya do tokopedia?

    BalasHapus
  32. Kak. Hem kak.. Mbok dikasih tahu hasilnya kak.. Aku juga pengen tapi masih ragu perlu motivasi.

    BalasHapus
  33. Kak Wida, salam kenal. Terima kasih sudah sharing mengenai dermaroller, akupun berbagi pengalaman menggunakan dermaroller di blog aku berbekal blog kak Wida ini. Thanks kak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai... Slm kenal. Thank a lot ya udh mampir. Ak nnt cb liat blog km ya

      Hapus
  34. Hai kawan-kawan, btw ak mau perawatan dermaroller lagi nih, nnti ak posting lg ya, krna saat ini sdh menunggu krim anestesi sama serumnya. Baru pesen blm dtg

    BalasHapus
  35. Aq coba pake dermaroller sendiri tp ga lama ... Ada hasilnya gukz ya Kira" . Tp keliatan kenceng bgt nich kulit .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mmg kenceng klo hbs di roller ak udh 4 kali treatment-nya btw and hasilnya oke bgt bopeng jd ky pori2 gtu. Mau ak terusin sampe mulus hihihi

      Hapus
  36. Silakan cek progress bopeng gw disini ya guys
    http://widasyalala.blogspot.co.id/2017/12/pengalaman-dermaroller-sendiri-part-2.html?m=1

    BalasHapus
  37. Silakan cek progress bopeng gw disini ya guys
    http://widasyalala.blogspot.co.id/2017/12/pengalaman-dermaroller-sendiri-part-2.html?m=1

    BalasHapus
  38. Iya ukuran berapa..klo q yg 1,5 mm tp masih blm coba takuddd

    BalasHapus
  39. Iya ukuran berapa..klo q yg 1,5 mm tp masih blm coba takuddd

    BalasHapus
  40. Hai teman2 sy merasakan hasil dari dermaroller ini karena sy berhasil memudarkan scar sy dipemakaian yg pertama. Pas itu sy beli smua peralatan di shopee sih (krn gretong ongkir). Sy punya scar medium tp lebih dalam dari mbak wida. Awalnya takut (sampe pake doa segalaπŸ˜‚) tp ternyata ga seseram yg dibayangkan. Sy menggunakan yang 0.75mm dan ga boleh kena air 1×24jam. Setelah proses ga sberapa perih. Selanjutnya lebih menutrisi dgn makanan untuk regenerasi kulit spy lebih cepat spt ikan gurami, udang yg kaya protein dan buah2an kaya vit.c spt jeruk (pas dpt hibahan imlek😁) dan byk minum air putih dan tidur cukup. Muka ga ak apa2kan krn masih borokan (kan borok mini) dan kasar sekali kayak amplas klo disentuh. Borok tsb rontok sekitar 5 hari tp mungkin tiap org beda2 tergantung kecepatan regenerasi kulitnya dan kedalaman jarum. Hsilnya cukup memuaskan scar yg dalam jd landai krn tumbuh daging (nambah dikit) walau blm sempurna krn baru sekali pake tp kayaknya 5-6x ak optimis kulit ak bakal mulus kembali. Dan next bakal pake yg 0.3 untuk anti aging dan v-shape. Sayang ak ga foto before after. Yg penting alat hrs dikasik alkohol, wajah juga dikasik alkohol baru bilas air bersih, crem anastesi jangan pelit. Dijamin sukses nge roll nyaπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  41. Apakah ada serum khusus yg harus digunakan, atau bisa menggunakan serum lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai Serum khusus untuk scar lbh baik

      Hapus
  42. Pakai jarum dermaroller yang berapa m kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau brli liat aja di ig namanya @skinhouseid

      Hapus
  43. Pengen coba tp takut,
    Klo bwt ngilangin flek hitam bisa ga ya,klo bisa ukuran yg berapa ya?
    Sy udah liat2 d tokopedia dermaroller komplit hrga 160rb an gtu
    Bwt serumnya apa sama aja bwt semua jenis kulit,

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau ilangin flek cb deh pake krim malam eva mulia yg ov 2 atau 3

      Hapus
  44. Sumpah ngakak abis baca'a ,, aq pun baru mau coba proses dermaloler'a alat" semua udh siap tinggal lakuin proses'a dan ngumpulin tenaga dalam buat keberanian ,, cuma masih penasaran kira" brp kali proses yak buat ngilangin tuh bopeng yg bikin sewot sendiri ,, k Widia udh brp kali proses k terus skrng hasil'a gmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. nnti di update lg ya kak, ini msh blm smpt nulis lg. msh ada kok bopengku, krna ak memutuskan mau piara aja. beternak bopeng. hahaha

      Hapus
  45. Dermaroller di singapore udh dilarang, gak tau knp, mngkin kalo mnurut gw, ini ampuh bgt, disisi lain, kalo gak tau tekhnik rollernya, malah bisa membuat scar/bopeng baru di kulit wajah yg mulus, nah mungkin karena alasan ini dilarang, tekhniknya jngan terlalu ditekan, gerakan roll nya vertikal dan horizontal, coba aja liat tekhniknya dr davin lim di youtube, 4 gerakan maju mundur vertical&4 gerakan maju mundur horizontal, bgitu terus. dermapen vs dermaroller, terbaik ya mnurut gw dermaroller, kalo bopeng/scar nya agak parah dan dalam rekomendasi dermaroller, kalo bopengnya dikit dan gak dalam, dermapen, saran gw yg bopengnya lumayan bnyak dan dlm, dermaroller dulu, setelah scarnya naik perlahan lahan dan mulai halus, ganti ke dermapen
    Dermaroller masih yg terbaik untuk bopeng/ acne scars

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komennya. brrti dlu sy slh ya digilesnya terlalu kencang. hahaha.. nnt sy cb lg perlahan2

      Hapus
  46. Bukanya setelah roller ngak boleh pakai skin care dulu ya selama beberapa hari ke depan,, cukup pakai serum scar aja,

    BalasHapus